PELAKSANAAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) CPNS KEMENRISTEKDIKTI WILAYAH 32 SUMATERA BARAT

Rektor Universitas Andalas mendatangi Aula Korem 032 Wirabraja Padang (Minggu, 29 Oktober 2017, Pukul 10.30 WIB) dalam rangka memantau langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Wilayah 32 Sumatera Barat (Wil. 32-Sumbar). 

 

Panitia pelaksana SKD CPNS Wil. 32 Sumbar berasal dari utusan 5 PTN diantaranya Universitas Andalas (UNAND), Universitas Negeri Padang (UNP), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Kemenristekdikti menunjuk UNP (Sdr. Afdalisma, SH. M.Pd – Kepala Biro Umum dan Keuangan) sebagai Koordinator Panitia SKD CPNS Wil. 32 Sumbar karena pendaftar atau peserta terbanyak. Rapat panitia dalam rangka persiapan dilaksanakan di Rektorat UNP pada hari Jum’at (27 Oktober 2017) dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan Tim BKN di Aula Korem 032 Wirabraja Padang, sekaligus melihat langsung proses pelaksanaan SKD CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pertanian di lokasi yang sama. 

Pelaksanaan SKD CPNS berbasis sistem komputerisasi (Computer Assissted Test/CAT) Wil. 32 Sumbar dilaksanakan selama 2 (dua) hari (28 s/d 29 Oktober 2017). Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir CAT SKD per-29 Oktober 2017 pukul 21.00 WIB, total peserta yang mengikuti TKD CAT pada Wil. 32 Sumbar sebanyak 669 orang dari 706 orang yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi. Pelaksanaan secara keseluruhan SKD CPNS sebanyak 9 (Sembilan) sesi, 3 (tiga) sesi pada tanggal 28 Oktober 2017 dan 6 (enam) sesi tanggal 29 Oktober 2017. Peserta yang memenuhi passing grade (syarat nilai minimal) untuk ketegori SMA-D3 : 5 orang dan D4-S3 : 156 orang. Peserta yang tidak menenuhi passing grade untuk ketegori SMA-D3 : 13 orang dan D4-S3 : 491 orang, sedangkan peserta kategori khusus lulusan cumlaude yang mengikuti test pada Wil. 32 Sumbar : 4 orang. Nilai tertinggi untuk ketegori SMA-D3 : 373, D4-S3 : 386, dan khusus lulusan Cumlaude : 346.

Pelaksanaan SKD CPNS Wil. 32 Sumbar secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan aman, walaupun pada awal pelaksanaan (Sabtu, 28 Oktober 2017) terjadi penundaan dan penggeseran jadwal ujian yang seharusnya dilaksanakan pada Sesi III (12.00 s/d 13.30 WIB) dipindahkan oleh BKN menjadi Sesi IV (14.00 s/d 15.30 WIB), sehingga Sesi IV dan Sesi V juga mengalami penundaan. Pelaksanaan SKD CPNS Wil. 32 Sumbar didampingi oleh Tim Peninjau dari Panselnas Kemenristekdiki, Tim BPKP dan Tim KemenPAN-RB. Selain Rektor UNAND, beberapa Pimpinan PTN yang menyempatkan diri hadir untuk  meninjau pelaksanaan SKD diantaranya : Rektor UNP, Wakil Rektor 2 UNAND, Rektor dan Wakil Rektor 2  ISI Padang Panjang, Asisten Direktur II Politeknik Negeri Padang.  

 

 

Agak berbeda dengan pelaksanaan SKD CPNS sebelumnya menggunakan sistem ujian tulis, peserta diperiksa lebih dahulu oleh panitia seksi keamanan sebelum masuk ke ruangan Ujian CAT. Peserta hanya dibolehkan membawa KTP dan Kartu Ujian, sebelumnya barang bawaan peserta dititipkan pada panitia seksi penitipan barang setelah mendapatkan PIN dan menandatangani daftar hadir. Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer. SKD CPNS menggunakan sistem CAT merupakan inovasi teknologi yang digunakan BKN untuk menjaring dan menyaring CPNS maupun tes kepegawaian lainnya karena tranparansi dan akuntabilitasnya termonitor real time.Bahkan anggota keluarga yang mengantar CPNS yang sedang tes pun bisa menyaksikan nilai melalui layar monitor yang disiapkan khusus anggota keluarga. Sehingga usai mengikuti tes, mereka langsung mengetahui apakah memenuhi passing grade atau tidak.

 

 

Bagi peserta yang memenuhi passing grade akan dirangking oleh BKN, dan pengumuman kelulusan SKD CPNS akan dilaksanakan serentak secara Nasional. Pimpinan PTN yang meninjau lokasi ujian menyampaikan masukan dan saran ke Tim BKN terkait keterbatasan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan SKD CPNS Wil. 32 Sumbar, sebagai bahan evaluasi bagi penyelenggara dan untuk perbaikan dikemudian hari. (chalidbest)

Agenda Kegiatan

No events

Humas dan Protokol